Mata : Kamera Paling Sempurna

Kamera merupakan alat optik yang sering kita gunakan untuk mengabadikan momen-momen penting dalam kehidupan kita. Bahkan keberadaan kamera sekarang mudah ditemukan dan tak lagi menjadi barang langka. Bahkan hampir semua jenis handphone sudah menyediakan fitur kamera sehingga selain memudahkan komunikasi juga mempermudah kita mendokumentasikan momen penting yang kita temui.

Tahukah kamu bahwa sebenarnya tubuh kita juga dilengkapi dengan kamera, bahkan lebih sempurna dari kamera digital model paling mutakhir sekalipun. Benarkah?? Ya.. tubuh kita dilengkapi oleh alat indera berupa indera penglihatan yang disebut dengan mata.  Mata kita mempunyai struktur yang luar biasa sehingga kita dapat melihat indahnya alam dan bumi kita.  Semua serba otomatis, tanpa harus kita atur, lebih canggih dari kamera digital modern.  Bahkah, kamera yang diciptakan oleh manusia merupakan alat yang prinsip kerjanya “menjiplak”  cara kerja  sebuah mata.

Lalu bagaimana cara kerja mata sehingga kita bisa melihat? Kenapa ada orang yang tidak bisa melihat dengan jelas sehingga perlu bantuan kacamata? Nah, pertanyaan itu akan terjawab setelah membaca materi berikut…  Langsung  saja ke materi.. hehe

Bagian-bagian mata

Bagian-bagian mata

sumber gambar: dokumentasi pribadi

1.  Kornea

Fungsi utama selaput bening (kornea) adalah meneruskan cahaya yang masuk kemata. Cahaya tesebut diteruskan kebagian mata yang lebih dalam dan berakhir pada selaput jala atau retina. Karena fungsinya itu, maka selaput bening (kornea) mempunyai beberapa sifat, yaitu tidak berwarna(bening) dan tidak mempunyai pembuluh darah. Kornea merupakan bagian mata yang dapat disumbangkan untuk penyembuhan orang dari kebutaan. Selaput bening(kornea) berupa piringan transparan di depan bola mata dan tidak berpembuluh darah. Selaput Bening(kornea) juga berfungsi sebagai pelindung mata bagian dalam. Agar tetap bening dan bersih,  kornea ini dibasahi oleh air mata yang berasal dari kelenjar air mata.

2. Cairan Aquoeus

Cairan Aquoeus ini terletak dibelakang kornea yang berfungsi untuk membiaskan cahaya yang masuk sehingga terfokus  ke lensa mata.

3. Iris atau Selaput Pelangi

Pernah melihat orang memiliki mata berwarna biru, coklat atau hitam? Nah, bagian mata bernama iris ini lah yang membuat mata kita berwarna. Iris terdapat di belakang kornea dan berpigmen. Pigmen pada irislah yang menentukan warna mata kita.

4.  Pupil (Anak Mata)

Pupil berupa celah yang berbentuk lingkaran terdapat ditengah-tengah iris . Pupil berfungsi sebagai tempat untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya yangmasuk kedalam mata.  Pupil merupakan tempat lewatnya cahaya menuju retina. Pupil dapat mengecil dan membesar seperti fungsi diafragma pada kamera. Pupil akan membuka dan menutup secara otomatis bergantung pada cahaya yang masuk. Jika cahaya terang, pupil akan mengecil, sedangkan ketika gelap, pupil akan membesar.

5.  Retina

Retina merupakan selaput yang mengandung sel-sel indera. Retina berfungsi sebagai layar, tempat terbentuknya bayangan, seperti halnya plat film pada kamera.

6. Lensa Kristalin

Lensa kristalin merupakan lensa mata yang terbuat dari bahan bening, berserat dan kenyal. Lensa mata berbeda dengan lensa kamera, tetapi mempunyai fungsi yang sama. Pada kamera, lensa berfungsi untuk memfokuskan bayangan pada pelat film, lensa harus dapat dimajukan atau dimundurkan untuk memperoleh bayangan yang jelas. Pada mata, untuk memfokuskan bayangan pada retina, yaitu dengan mencembungkan atau memipihkan lensa. Lensa mencembung atau memipih sesuai dengan jarak benda yang dilihat. Hal ini disebut dengan daya akomodasi mata.

Untuk materi Cara kerja mata kita dan cacat mata silakan klik halaman berikutnya!

Advertisements

19 Comments

Filed under Kelas 8, Materi

19 responses to “Mata : Kamera Paling Sempurna

  1. Trima kasih lmunya mbak…wah, saya jadi inget waktu masih sekolah dulu, kebetulan saya juga suka pelajaran biologi… 🙂

  2. wah, lengkap sekali penjelasannya ..
    thank bu’e

  3. Mata memantulakan dan kejiwaan dari dalam diri seseorang . dengan mata kita diberi berbagai macam karunia tuhan yang bisa kita lihat.. 🙂

  4. Subhanallah, ternyata kamera itu memiliki cara kerja seperti mata

    • Hemm, iya.. makanya kita wajib bersyukur atas karuniaNya..
      Katanya sih.. dengan alat indera yang kita miliki akhirnya manusia bisa menciptakan iptek, salah satunya kamera.. 🙂

  5. Sedang bersyukur mode : on

    😀

    Jauh melebihi kamera DSLR.

    • Sungguh tak ada yang dapat menandingi ciptaan Allah, bukankah Allah Maha Sempurna?
      Semua yg ada pada tubuh kita adalah ciptaanNya yg luarbiasa, jadi bersyukur bagi saya itu wajib.. 🙂
      Terimakasih atas kunjungannya..

  6. Yah bisa saya katakan : “Alhamdulillah saya diberikan sepasang mata yang sehat….”

  7. Mata memang kamera paling sempurna… tapi kalau jadi ‘Mata-mata’ gimana dong Bu??? hehe… 😀

  8. Alhamdulillah masih punya mata yang normal 🙂

  9. Mas Galuh Ristyanto dan Mas ikhsan , terimakasih kunjungannya..
    Sama, saya juga mengucap syukur alhamdulillah.. 🙂

  10. salam kenal yaa …
    artikelnya kren lohh ….

    tampilan blog’y jga simple & elegant … mantuaffff dagh pokok’y …
    sukses slalu yaaa..

  11. Sri Kundri A

    mata yang paling indah
    hanya matamu (Titi DJ)

    menurutku karena mata punya jiwa ‘n tidak ada yang punya pabriknya selain Allah Subhanahu Wattaalla

Terima kasih telah membaca, tinggalkan jejakmu di sini..:)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s