Diskusi

Ilmu tidak akan habis meski kita bagi, tapi akan semakin bertambah banyak. Untuk itu mari kita berbagi ilmu.

Silakan menuliskan pertanyaan atau pendapat di halaman ini, tentunya yang berkaitan dengan Ilmu Pengetahuan Alam atau materi lain yang relevan, dengan bahasa yang baik dan santun.

Demi menghindari pertanyaan atau pendapat yang berbau SARA  dan Pornografi maka semua pertanyaan atau pendapat Anda akan kami moderasi.

Advertisements

8 responses to “Diskusi

  1. ada seekor kera yang tergantung pada sebuah katrol, dan pada tali yang lain terdapat cermin bolak-balik yang memiliki massa yang sama dengan massa kera tersebut, bagaimana cara kera tersebut untuk dapat terlepas dari bayangan di cermin tersebut.

    • pertanyaan yang bagus, sempat membuat saya puyeng.. hehe
      ternyata jawabannya tak sesulit yang saya bayangkan.
      berikut adalah petikan jawaban teman2 dari fb atas pertanyaan di atas yang dilontarkan oleh Pak Yosh Kendal:

      Achmad Sochabat :Cerminnya dibalik
      Suka Bu’e Shulha baru cari ni pak, katrol tetap KM 1, jd klau bergerak naik/turun si kera pasti sejajar dg cerminnya…
      gmn klau keranya lepasin talinya… hehehe
      Yosh Kendal cerminnya bolak-balik tuh….

      Yosh Kendal ‎: Suka Bu’e Shulha : sama juga dong tetep akan jatuh dengan kecepatan yang sama, artinya tetep berada di depan cermin, ya khan…
      Avid Khairul Umam katrolnya ditarik kebwh kan jdnya cerminya ke atas
      Yosh Kendal masa keduanya sama lo vid…., jadi ya tetep aja keranya juga naik…
      Suka Bu’e Shulha ujung salah satu tali dikaitkan ke dinding pak.. biar jd katrol bergerak..jd berat kera jd setengah kali berat cermin atau sebaliknya, jd mereka posisinya jd ndak sejajar lagi..dan si kera ndak bisa bercermin lagi..
      Yosh Kendal kalau ga ada dindingnya…?
      Tri Wulan Sari Kera.y suru turun
      Ade Hartono hanya kera yang tahu jawaban yang paling tepat
      Yosh Kendal eh ini logika fisika aja kok…
      Wahyu Ariestanto Kalo aku jadi keranya, aku tendang aja kacanya sampe pecah.. Alhasil, kacanya pecah, akunya jatoh.. ƗƗɑƗƗɑƗƗɑ ƗƗɑƗƗɑƗƗɑ.. Habis perkara kan pa Yosh?
      Suka Bu’e Shulha si kera naik di atas cerminnya aja… biar jatuh bareng.. hehehe
      Yosh Kendal ‎@wahyu ariestanto : ops…, kacanya cukup kuat untuk bisa pecah hanya dengan di tendang
      Agustina Maria cerminnya ‘dibalik’ antara muka n belakang..pak,jd kalo dibalik..gmb kera ilang ..,yg muncul gambare Pak Yoshi…piss..
      Yosh Kendal ‎Suka Bu’e Shulha : jawaban bagus, tapi gimana kalau pake konsep mekanika…
      Wisnu Putra biarin keranya turun dr katrol kasian 😀
      Tri Wulan Sari Pk ilmu pow kwi.???
      Suka Bu’e Shulha bentar pak.. mikir dulu..
      _sok mikir_ hehehe
      Suka Bu’e Shulha jawabannya yg paling bener apa pak? ndak ketemu juga nie.. hehehe
      Yosh Kendal wah tak kiro topo ndisik….
      Suka Bu’e Shulha mpun topo 4 jam ndak ketemu juga..
      Yosh Kendal
      kera mengayun atau menendang cermin sehingga membentuk sudut tertentu terhadap garis vertikal, sehingga grafitasi yang dialami akan berbeda dengan grafitasi dari kaca, maka sehingga akan terjadi pergerakan dari kaca atau kera ke atas atau kebawah terserah mana yang digerakkan, jika kera yang mengayun maka gaya yang bekerja pada tali adalah w kera cos tetha yang tentuya akan lebih kecil dari harga w cermin, sehingga cermin akan bergerak ke bawah…., kayak gitu kira-kira…, semoga bener fisikanya…
      Suka Bu’e Shulha oalah… begitu ya.., maklum saya cuma menguasai Fisika Dasar saja, ndak kepikiran sampai ke situ,
      berarti harus bergerak terus ya.. kalau posisi seimbang/diam kera dan cermin akan tetap sejajar…
      makasih pak.. tambah ilmu saya.. hehehe

  2. Soal tantangan untuk siswa kelas 7:
    Soal 1 :
    Sebuah kerikil bermassa 22 gram. Berapa massa kerikil tersebut dalam satuan miligram serta bagaimana cara mengukur volume kerikil tersebut?

    Soal 2 :
    Sebuah buku memiliki 300 halaman yang tebalnya 1,5 cm. Berapa tebal tiap lembar kertas pada buku tersebut dalam satuan mm?

  3. soal 2 :1,2:300=0,004 cm
    =0,004×10 cm
    =0,04 mm

  4. 1,2:300=0,004 cm
    =0,004×10 cm
    =0,04 mm

  5. 1,2:300=0,004 cm
    =0,004×10 cm
    =0,04 mm

  6. Berapakah energi kalor yg diprlukan 5 kg es untk melebur mnjadi air pd titik leburnya ,jka kalor lebur es 336.000 J/kg ?

  7. kok materinya gak ada yang cahaya sekalian sama hitung2nya??

Terima kasih telah membaca, tinggalkan jejakmu di sini..:)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s