MPI Cermin dan Cahaya

Multimedia ini awalnya saya susun karena siswa saya kesulitan untuk memahami proses pembentukan bayangan pada cermin dan lensa, meski telah melakukan percobaan pembentukan bayangan pada cermin dan lensa. Dengan menggambarkan jalannya sinar sinar-sinar istimewa dan simulasi pembentukan bayangannya ternyata dapat meningkatkan pemahaman siswa.

Multimedia ini dibuat dengan menggunakan program Microsoft Powerpoint 2007.  Berisi kompetensi, materi dan evaluasi berupa quiz dan tes. Multimedia ini saya sertakan dalam lomba MPI di BPTIK P Jawa Tengah 2011 dan alhamdulillah mendapat apresiasi dengan meraih peringkat 5.

Bagi yang membutuhkan file silakan download pada link di bawah ini.  Berhubung ukuran filenya besar, mohon bersabar.
Semoga bermanfaat.

Download MPI Cermin dan Cahaya

11 Comments

Filed under Multimedia

11 responses to “MPI Cermin dan Cahaya

  1. Sri Kundri A

    Bagus bu, dibanyakin lagi (maaf kalo sempat) soalnya kebanyakan pelajar sekarang lebih suka logika langsung daripada uraian panjang yg tak berujung.. untuk itu multimedia pembelajaran sangat tepat sekali diterapkan di era ini… selamat berkarya

  2. Astuti

    menarik bu, i like it

  3. Sri Harwidiastuti

    Terimakasih Bu Sukajiyah, semoga bermanfaat bagi anak bangsa

  4. Sangat kreatif bu… ppt 2007 memang mengasyikkan… ditunggu sajian kreatifnya yg lain…maklum saya lagi belajar …..

  5. saya sangat tertarik dengan tema diatas bu..
    berkaitan dengan hal tsb, yg ingin saya tanyakan,
    apa kedudukan cermin terhadap cahaya? berapa persen cahaya yg dipantulkan cermin, & berapa persen yg lenyap?
    terakhir, & paling penting bagi saya, bisakan cermin menjebak cahaya? katakanlah berhasil membuat sebuah alat/ruangan yg bagian dalamnya 100% tersusun dari cermin, sangat rapat, apabila ditembakkan cahaya dalam 1 detik, apakah cahaya itu akan terus memantul dlm ruangan tsb, ataukah langsung hilang?
    Salam_

  6. mksih ibuk,,, ga da yg pantas d ktakan sderhana ,, jika semuanya d lakukan dg ikhlas,,smga ibuk dapat imbalan yg setmpal dr Allah,,

Terima kasih telah membaca, tinggalkan jejakmu di sini..:)