Pilih Mana SMU atau SMK?

Pengumuman kelulusan sekolah jenjang SMP telah diumumkan  serentak secara nasional pada tanggal 4 Juni 2011 kemarin. Gegap gempita ekpresi kelulusan telah usai.  Selamat buat anak-anakku yang telah dinyatakan lulus. Sekarang saatnya berfikir untuk melanjutkan masa depan, menempuh tantangan masa depan meninggalkan masa “putih biru” memasuki masa “putih abu-abu”.

Sudahkah kalian menentukan akan melanjutkan kemana setelah SMP? Apakah kalian sudah yakin dengan pilihan kalian tersebut? Jika masih ragu, hal berikut ini mungkin akan membantu kalian untuk menentukan pilihan kalian dalam melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, pilih SMA atau SMK?

Perbedaan antara SMU dan SMK

a. SMU (Sekolah Menengah Umum)

SMU adalah bentuk satuan pendidikan menengah yang diselenggarakan untuk melanjutkan dan meluaskan pendidikan dasar serta mempersiapkan siswa untuk memasuki pendidikan lanjutan dan mengembangkan sikap profesional.

Tujuan pendidikan SMU :

  1. Mempersiapkan siswa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan atau meluaskan pendidikan dasar.
  2. Meningkatkan kemampuan siswa sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial budaya dan alam sekitar.
  3. Meningkatkan kemampuan siswa untuk dapat mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian.

b. SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)

SMK adalah bentuk satuan pendidikan menengah yang diselenggarakan untuk melanjutkan dan meluaskan pendidikan dasar serta mempersiapkan siswa untuk memasuki lapangan kerja dan mengembangkan sikap profesional.

Tujuan SMK :

  1. Mempersiapkan siswa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggindan atau meluaskan pendidikan dasar.
  2. Meningkatkan kemampuan siswa sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial budaya dan alam sekitar.
  3. Meningkatkan kemampuan siswa untuk dapat mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian.
  4. Menyiapkan siswa untuk memasuki lapangan kerja atau mengembangkan sikap profesional

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan garis besar perbedaan antara SMU dengan SMK, yaitu :

  1. SMU adalah bentuk satuan pendidikan menengah yang orientasinya memberi bekal siswa untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi.
  2. SMK adalah bentuk satuan pendidikan menengah yang orientasinya memberi bekal siswa untuk memasuki lapangan kerja tingkat menengah dan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang sesuai dengan kejuruannya.

Itu adalah sedikit gambaran tentang perbedaan SMU dengan SMK. Nah, jika kalian akan mempersiapkan diri untuk masuk ke jenjang pendidikan tinggi dan  ekonomi bukan menjadi masalah dalam pendidikan kalian, maka pilihlah SMU, sedangkan jika kalian memutuskan untuk langsung memasuki dunia kerja atau tidak lagi melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi, maka pilihlah SMK.

Selamat menentukan pilihan!

2 Comments

Filed under Tulisanku

2 responses to “Pilih Mana SMU atau SMK?

  1. saya sekarang pilih ke sma.. karena cita2 menjadi polwan.. do’akan ya bu?

  2. Insyaallah..
    Semoga doa, harapan Mariamrisnawati terkabulkan…
    Semangat belajar!!

Terima kasih telah membaca, tinggalkan jejakmu di sini..:)