Mata : Kamera Paling Sempurna

Selain bagian-bagian tersebut di atas, sebenarnya ada juga bagian terluar dari mata, yaitu rambut alis (untuk melindungi mata dari air atau keringat yang jatuh dari dahi), kelopak mata (dapat membuka dan menutup, untuk melindungi mata dari masuknya benda-benda asing dari luar ke mata), kelenjar air mata ( menghasilkan air mata untuk menjaga agar mata tetap basah) dan bulu mata(untuk melindungi mata dari benda asing yang dapat masuk ke dalam mata).

Bagaimana cara mata kita bekerja?

Kita dapat melihat benda apabila terdapat cahaya. Cahaya yang dipantulkan oleh benda akan masuk ke dalam mata melalui kornea dan dibiaskan oleh cairan aquoeus agar jatuh pada lensa mata. Oleh lensa mata diatur sedemikian rupa sehingga bayangannya jatuh tepat di retina. Kenapa harus tepat di retina? Retina terdiri atas dua bagian, yaitu bintik kuning yang peka terhadap cahaya dan bintik buta yang tidak peka terhadap cahaya. Jika kamu melihat sebuah benda, sel-sel syaraf tersebut akan menyampaikan ke otakmu. Sehingga agar kita dapat melihat dengan jelas maka  bayangan benda harus jatuh di bintik kuning. Rangsangan cahaya yang diterima oleh sel-sel indra kemudian diteruskan ke syaraf mata, selanjutnya disampaikan ke pusat penglihatan di otak untuk diterjemahkan. Perasaan mengungkapkan bahwa kamu dapat melihat sesuatu.

Lensa mata akan memipih ketika melihat benda yang jauh karena ketika melihat benda yang jauh, cahaya yang  dipancarkan dari benda dianggap oleh mata sebagai cahaya sejajar dan oleh lensa mata akan difokuskan tepat di retina.

Lensa mata akan mencembung jika melihat benda yang dekat karena pada saat melihat benda yang dekat, cahaya dianggap dari satu titik menyebar masuk ke mata melalui kornea dan cairan belakang kornea sehingga cahaya tepat jatuh di retina.

Untuk lebih jelasnya mengenai proses pembentukan bayangan pada mata, perhatikan video dari kurcing fisika berikut :

sumber : http://youtu.be/MYhIpWpSE7Q

Mengapa ada orang yang harus pakai kaca mata untuk membantu penglihatannya?

Seperti dijelaskan di atas bahwa untuk mendapatkan bayangan yang jelas, maka bayangan benda harus jatuh tepat di bintik kuning pada retina. Tetapi karena kondisi mata yang tidak sehat, ada juga bayangan yang tidak jatuh di bintik kuning, sehingga orang membutuhkan alat bantu berupa lensa kaca mata untuk membantu penglihatan (membantu jatuhnya bayangan benda di bintik kuning) sehingga bayangan jelas terlihat.

Beberapa gangguan/cacat mata yang sering terjadi adalah :

1. Miopi

Miopi atau rabun jauh adalah jenis cacat mata yang penglihatannya tampak buram jika melihat benda yang jauh. Hal ini disebabkan karena bola mata terlalu tebal sehingga daya akomodasi menjadi kecil, akibatnya bayangan benda jatuh di depan retina. Untuk  membantu penglihatan digunakan kaca mata berlensa cekung/ lensa negatif yang bersifat menyebarkan sinar (divergen) sehingga  bayangan jatuh tepat di retina.

2. Hipermetropi

Hipermetropi atau rabun dekat adalah cacat mata yang tidak bisa melihat benda-benda dalam jarak dekat. Hal ini disebabkan karena bola mata terlalu datar sehingga bayang benda jatuh di belakang retina. Untuk membantu penglihatan cacat mata ini dipergunakan kacamata dengan lensa cembung/lensa positif yang bersifat mengumpulkan sinar (konvergen) sehingga bayangan dapat jatuh tepat di retina.

3. Presbiopi

Presbiopi adalah cacat mata yang lebih banyak disebabkan oleh faktor usia. Orang yang berusia lanjut, maka daya akomodasi lensa mata menjadi melemah sehingga tidak dapat mencembung dan memipih secara sempurna, akibatnya tidak dapat melihat benda yang dekat atau jauh dengan jelas. Untuk membantu cacat mata ini digunakan kacamata berlensa rangkap yang terdiri atas lensa cekung untuk melihat benda yang jauh dan lensa cembung untuk melihat benda yang dekat.

4. Buta Warna

Buta warna adalah kondisi dimana sel-sel retina mata tidak dapat merespon warna dengan semestinya. Sel-sel kerucut dalam retina mata mengalami kelemahan atau kerusakan secara permanen sehingga tidak mampu menghasilkan pigmen warna secara keseluruhan yang dibutuhkan untuk mata berfungsi normal. Keadaan ini biasanya diturunkan secara genetik orang tua kepada anaknya dan lebih sering terjadi pada laki-laki.

Luar biasa bukan mata kita? Seyogyanya kita bersyukur telah dikaruniai oleh Allah indera penglihatan yang luar biasa ini. Terima kasih sudah menyimak, semoga bermanfaat. Jangan lupa tulis komentar untuk perbaikan tulisan ya..

sumber  materi : Belajar IPA: Membuka cakrawala alam sekitar untuk kelas VIII, Syaiful Karim, BSE.

Artikel Terkait :

MPI Cermin dan Cahaya

Advertisements

19 Comments

Filed under Kelas 8, Materi

19 responses to “Mata : Kamera Paling Sempurna

  1. Trima kasih lmunya mbak…wah, saya jadi inget waktu masih sekolah dulu, kebetulan saya juga suka pelajaran biologi… 🙂

  2. wah, lengkap sekali penjelasannya ..
    thank bu’e

  3. Mata memantulakan dan kejiwaan dari dalam diri seseorang . dengan mata kita diberi berbagai macam karunia tuhan yang bisa kita lihat.. 🙂

  4. Subhanallah, ternyata kamera itu memiliki cara kerja seperti mata

    • Hemm, iya.. makanya kita wajib bersyukur atas karuniaNya..
      Katanya sih.. dengan alat indera yang kita miliki akhirnya manusia bisa menciptakan iptek, salah satunya kamera.. 🙂

  5. Sedang bersyukur mode : on

    😀

    Jauh melebihi kamera DSLR.

    • Sungguh tak ada yang dapat menandingi ciptaan Allah, bukankah Allah Maha Sempurna?
      Semua yg ada pada tubuh kita adalah ciptaanNya yg luarbiasa, jadi bersyukur bagi saya itu wajib.. 🙂
      Terimakasih atas kunjungannya..

  6. Yah bisa saya katakan : “Alhamdulillah saya diberikan sepasang mata yang sehat….”

  7. Mata memang kamera paling sempurna… tapi kalau jadi ‘Mata-mata’ gimana dong Bu??? hehe… 😀

  8. Alhamdulillah masih punya mata yang normal 🙂

  9. Mas Galuh Ristyanto dan Mas ikhsan , terimakasih kunjungannya..
    Sama, saya juga mengucap syukur alhamdulillah.. 🙂

  10. salam kenal yaa …
    artikelnya kren lohh ….

    tampilan blog’y jga simple & elegant … mantuaffff dagh pokok’y …
    sukses slalu yaaa..

  11. Sri Kundri A

    mata yang paling indah
    hanya matamu (Titi DJ)

    menurutku karena mata punya jiwa ‘n tidak ada yang punya pabriknya selain Allah Subhanahu Wattaalla

Terima kasih telah membaca, tinggalkan jejakmu di sini..:)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s