Membuat File Gambar dengan Powerpoint 2007

Tulisan saya kali ini terinspirasi  dari permohonan bantuan teman guru untuk membuatkan gambar dekorasi yang memuat foto kegiatan sekolah disertai dengan tulisan-tulisan yang memotivasi siswa untuk dicetak sebagai poster. Sebagai orang yang tidak bisa menggambar secara manual (menggunakan kertas dan pensil) tentunya saya sangat kebingungan.  Kalaupun mau menggunakan software desain grafis seperti Adobe Photoshop, Coreldraw atau yang lain, maka saya harus belajar dulu minimal sebulan penuh.. hehe, sangat mustahil dilakukan.

Tetapi ibarat pepatah tiada rotan akar pun jadi. Kebetulan saya terbiasa menggunakan Microsoft Office Powerpoint dalam menyusun  multimedia pembelajaran untuk menyampaikan materi di kelas dalam bentuk slide presentasi.  Nah, saya ingat slide presentasi powerpoint  tersebut dapat disimpan dalam bentuk  file gambar.  Caranya ? Langsung saja meluncur ke pembahasan.

Misalnya kita akan menyimpan file  berisi design presentasi menjadi gambar sebagai berikut :

Untuk membuat file gambar seperti contoh tersebut, kita buat dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Buka slide presentasi baru. Untuk layout pilih blank, sehingga kita bisa berkreasi sesuai keinginan kita.

2. Sisipkan gambar sebagai baground dengan cara pilih menu Insert kemudian pilih Picture, pilih gambar yang akan kita sisipkan pada slide dari folder tempat kita menyimpan gambar tersebut, kemudian klik tombol insert. Maka gambar yang kita pilih akan tertempel pada slide kemudian atur tata letak sesuai dengan keinginan kita.

Sebagai dasar saya menggunakan gambar baground biru yang saya tarik penuh menutupi slide.

3. Sisipkan gambar berikutnya dengan mengulangi langkah ke dua. Manfaatkan menu format  yang akan muncul setiap kita tempatkan kursor pada gambar untuk mengatur tampilan gambar. Misalnya kita ingin membuat tepi gambar tampak halus, kita pilih Soft Edge Rectangle pada menu Format.  Maka gambar akan tampak sebagai berikut:

4. Pada langkah berikutnya saya menyisipkan  sebuah gambar dengan baground putih, supaya gambar tersebut mempunyai dasar transparan, pada menu Format pilih Recolor kemudian pilih Set Transparent Color , setelah itu klik dasar putih yang akan kita ubah menjadi transparan, maka dasar gambar akan menjadi transparan seperti pada gambar.

5. Lakukan hal yang sama untuk gambar-gambar yang lain dan atur tata letaknya sesuai dengan kreasi kita.

6. Langkah berikutnya saya menyisipkan beberapa tulisan pada slide. Untuk menyisipkan tulisan dapat kita gunakan menu Insert kemudian pilih WordArt seperti tulisan “AKU INGIN MENJADI GENERASI MASA DEPAN YANG BERKARAKTER” atau dapat pula kita sisipkan menggunakan menu Insert kemudian pilih Text Box seperti yang saya lakukan untuk tulisan 18 karakter yang saya sisipkan di bawahnya.

7. Untuk menyisipkan tulisan menggunakan WordArt, pada menu Insert pilih WordArt kemudian pilih gaya tampilan hurufnya, untuk contoh ini saya memilih  Fill -white, Drop Shadow. Setelah itu ketikkan tulisan yang akan kita sisipkan pada slide. Atur jenis dan ukuran hurufnya melalui menu Home kemudian pilih font. Jangan lupa, saat mengatur format maupun font, posisi kursor harus pada kotak Wordart.

8. Untuk menyisipkan tulisan menggunakan Text Box, pada menu Insert pilih Text Box. Kemudian ketikkan tulisan dan atur jenis, warna  dan ukuran font nya dengan cara yang sama seperti langkah nomor 7.

9. Untuk membuat Glow atau bayangan hitam pada tulisan gunakan menu Format ( jangan lupa klik dulu WordArt atau Text Box yang sudah kita buat sehingga muncul menu Format). Setelah itu pilih Text Effect kemudian klik Glow. Pilih ketebalan Glow yang kita inginkan, jika kita ingin memilih warna Glow yang lain klik pada More Glow Colors dan pilih warna glow yang kita kehendaki. Seperti tampak pada gambar.

10. Setelah proses pengaturan gambar selesai, tahap akhirnya adalah menyimpan file dalam format gambar seperti .jpeg, .png, . gif dan sebagainya. Caranya adalah pada menu home kita pilih Save as, kemudian pilih Other Formats, setelah muncul kotak dialog, tentukan folder tempat kita akan menyimpan gambar pada kotak Save in, tuliskan nama file pada kotak File Name dan klik tombol drop down pada kotak Save as Type dan kita pilih ekstensi file gambar yang kita inginkan.

Mudah bukan? Ini hanya sekedar contoh kreasi sederhana. Saya yakin anda bisa membuat kreasi yang lebih baik dari ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements

11 Comments

Filed under Tulisanku

11 responses to “Membuat File Gambar dengan Powerpoint 2007

  1. Adi

    Bermanfaat itu bu Suka nanti tak coba buat dirumah cara”na buat latihan

  2. Astuti

    kayane mudah ya bu, kalo kita mau belajar yang susah memotivasi setiap individunya.. betapapun tetap menggugah. bravo

  3. Sri Kundri A

    emmm, perlu dicoba untuk bisa

  4. dyah astuti

    weleh weleh matur suwun tenan ilmunya akan saya praktikkan ya , biar bermanfaat untuk semuanya

  5. salma afifah

    bagus cuma kurang lengkap
    lebih bagus lagi apabila disisipkan gambar langkah2’nya
    * murid kelas 8 smp

  6. Hemm, saya rasa gambarnya sudah cukup lengkap mbak Salma Afifah.. 🙂
    Makasih atas apresiasinya.

Terima kasih telah membaca, tinggalkan jejakmu di sini..:)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s