(Hukum Archimedes)
Apa yang terjadi jika sebutir telur mentah dimasukkan ke dalam gelas yang berisi air tawar? Yup! telur itu akan tenggelam ke dasar gelas. Lalu bagaimana jika telur tersebut dimasukkan ke dalam gelas yang berisi air garam? Apakah dia akan tenggelam juga? Atau sebaliknya? Hemmm.. penasaran kan? Sebelum kita bahas lebih lanjut, coba perhatikan cuplikan video berikut!
Aha! ternyata saat dimasukkan ke dalam gelas yang berisi air garam, telur mentah tersebut tidak tenggelam tetapi melayang di dalam air garam. Mengapa demikian? Kita bahas yuk!!
Jika kita memasukkan sebuah benda ke dalam sebuah wadah yang berisi penuh air, maka air dalam wadah tersebut akan tumpah. Apabila air yang tumpah dari wadah tersebut diukur beratnya ternyata beratnya sama dengan berat benda yang dimasukkan ke dalam wadah tersebut. Hal ini sesuai dengan hukum Archimedes yang mengatakan :
“Benda yang dimasukkan atau dicelupkan sebagian atau seluruhnya dalam zat cair akan mendapatkan gaya yang arahnya ke atas dan besarnya sama dengan berat zat cair yang dipindahkan oleh benda itu”.
Gaya ke atas yang dialami oleh benda tersebut disebut dengan gaya apung . Gaya apung sama dengan berat benda di udara dikurangi dengan berat benda di dalam air.
FA = wu – wa
Ada tiga kemungkinan peristiwa yang terjadi jika sebuah benda dimasukkan ke dalam zat cair. Seperti ditunjukkan pada gambar berikut!
Benda Terapung |
Benda dikatakan terapung jika sebagian benda masih muncul diatas permukaan zat cair. Benda terapung jika :
|
Benda Melayang |
Benda dikatakan melayang jika benda berada dalam zat cair, tetapi tidak berada di dasar zat cair. Benda melayang jika :
|
Benda Tenggelam |
Benda dikatakan tenggelam jika berada di dasar zat cair. Benda tenggelam jika :
|
Nah, untuk peristiwa telur melayang tadi, sekarang tahu kan kenapa ketika telur mentah dimasukkan dalam air tawar tenggelam tetapi ketika dimasukkan ke dalam air garam melayang? Telur tenggelam ketika di air tawar karena massa jenis telur lebih besar daripada massa jenis air tawar dan berat benda lebih besar daripada gaya apung, sedangkan telur melayang di air garam karena massa jenis telur sama atau hampir sama dengan massa jenis air garam, atau gaya apung sama atau hampir sama dengan berat benda.
Penemuan hukum Archimedes mendatangkan banyak manfaat pada manusia, berdasarkan hukum tersebut banyak diciptakan alat-alat yang bekerja di air, seperti kapal laut, kapal selam dan galangan kapal, jembatan ponton, hidrometer dan balon udara.
Artikel Terkait :
wow … alangkah menyenangkannya kalau pembelajaran di kelas menggunakan media seperti ini, bu. anak2 dijamin betah di kelas. yang terasakan selama ini, anak2 hanya sibuk menanti bunyi bel istirahat atau pulang. selamat berinovasi demi kemajuan anak2 masa depan negeri ini.
Terimakasih pak, jadi tambah semangat nie..
Masih banyak yang perlu dieksplore pak, termasuk kemauan guru (saya) untuk menggunakan berbagai macam metode pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi siswa.
Saya setuju dengan komentar pak Sawali diatas.
Kreatifitas guru sendiri sangat diperlukan untuk membuat suasana kelas jadi menyenangkan.
Murid2 ibu’ pasti akan sangat terbantu dengan media seperti ini.
Semangat bu Guru..
Terimakasih atas semangat dan kunjungannya,
Beruntung sekali saya mendapat teman-teman seperti anda, sangat memotivasi untuk perbaikan diri saya pribadi sebagai guru.. semoga.. 🙂
pembelajaran IPA online sgt bagus,tp klo diterapkn di saat jam sekolah agk krg pas,krn seandainy pd saat pelajarn IPA OL tiba2 listrik padam…,maka smua akn kerepotan
ini hanya media tambahan pelajaran di luar jam sekolah mas, terimakasih sudah mampir.. 🙂
pelajaran IPA online biar dilht murid2,diluar jam sekolah,diwarnet terdekat/hp msg2,jg bs mempercepat pelajarg…
Bu kebetulan sekali…saya mau tanya untuk mengawetkan kupu2 itu caranya bagaimana dan mengunakan apa ? kebetulan anak2 didik saya lagi saya suruh untuk mengumpulkan kupu2….dan kumbang..mohon jawabnya ya bu ?
Pertanyaanya nggak pas sama postinganya jadi sebelumnya minta maaf
Ndak papa, malah bisa sharing pengalaman juga..
Sebetulnya ada beberapa tehnik pengawetan serangga, yaitu pengawetan basah dan kering, dengan metode yang berbeda-beda.
Lebih jelasnya bisa menuju ke link ini : http://digilib.petra.ac.id/viewer.php?submit.x=18&submit.y=13&page=7&qual=high&submitval=prev&fname=%2Fjiunkpe%2Fs1%2Fdesi%2F2007%2Fjiunkpe-ns-s1-2007-41403122-6875-butterflies_museum-chapter2.pdf
semoga dapat membantu.. 🙂
ditengah kegilaan remaja terutama pelajar sekarang yg mayoritas penikmat dunia maya, blog ini bermanfaat memotivasi belajar mereka sekaligus bwt sharing.
Semangat bu, semoga semakin banyak pengunjung dan memberikan manfaat bagi orang banyak.. amin..
Terima kasih Mbak atas supportnya.. amin..
aku santi ini, bisa digat suka pelajaran fisika karena salahsatunya bisa dipraktekkan dirumah seperti ini.HOW AMAZING!!…aku bisa ketemu Suka dengan karya yang sangat bermanfaat. semoga barokah teman…
amin…
sekarang sudah pindah rumah baru bu.. di http://sukasains.com
terima kasih kunjungannya.. 🙂
kalau bisa semua pelajaran yang sulit-sulit di pos juga. kan anak jaman sekarang kebanyakan lebih suka baca internet dari pada baca buku
untuk kelanjutan update materi, saya kembangkan di http://sukasains.com
terima kasih.
makasih udah di kasih info ya bu..
jadi tugas nya bisa dikerjain.. 🙂
sama-sama, terima kasih juga atas kunjungan dan jejaknya.. 🙂
Bagus banget pembahasannya, LANJUTKAN….. dengan materi yang lain.
semoga bermanfaat tuk peserta didik.
Sebelumnya, saya mau berterimakasih sm Ibu. Informasi ini sgt bermanfaat.. Kms bsk, anak saya yg duduk di kelas 5 ada pratikum ipa yg topik melayang..
Bisakah Ibu memberi contoh benda lain yg bisa melayang di air selain telur mentah..
Makasih atas bantuannya..
sama-sama bu, sebenarnya ibu bisa mencoba dengan beberapa jenis barang yang ada di rumah, misalnya sebutir permen yang dimasukkan dalam gelas berisi minyak kelapa, atau sebutir buah anggur ke dalam air, selamat bereksplorasi dengan benda2 di sekitar Anda, pasti menyenangkan!
ijin copas bwt praktikum yah,,nice info..tq
silakan, dengan mencantumkan sumbernya tentunya.
terima kasih atas kunjungannya.. 🙂
aku ingin mengetahui gaya apung
benda2 apa aja sih yang dapat melayang
benda apa yang melayang ……?
hemmmm,, apa coba??
Silakan eksplore benda2 di sekelilingmu. Misal telur ayam mentah di air garam, atau biji kacang hijau di dalam minyak kelapa.
saya mau bertanya daftar pustaka Hukum Archimedes tentang gaya mengapung, melayang, dan tenggelam dikutip dari buku mana??
Terima Kasih….
Untuk hukum archimedes sumbernya dari buku BSE IPA Kelas 8 sedangkan susunan kalimat di atas saya kembangkan sendiri.
Apa Aja sih buk …?
contoh dari benda mengapung , melayang dan tenggelam … ??
oh iya 1 lagi , APa saja Yang di bahas dari hukum Archimedes ??
trimakasih .. 😀
Boleh saya menanyakan sesuatu ke Ibu untuk sekedar share pengetahuan saya yang masih dalam tahap pembelajaran…..gaya apung itu ada atau tidak??bukankah penyebab benda terapung itu karena ada nya gaya dorong keatas (tekanan) dari air lebih besar dibandingkan berat massa benda??
Maaf, mas Mawardi Noor, saya disini juga lagi belajar. Sangat senang sekali jika ada yg memberikan kritik dan saran.
Mengenai gaya apung, sesuai referensi yang saya baca, itu sama dengan gaya ke atas dari zat cair dan Menurut Archimedes, besar gaya apung pada suatu benda, sangat dipengaruhi oleh volume benda yang tercelup. Semakin besar volume benda yang tercelup semakin besar gaya apungnya. Disamping itu gaya apung juga dipengaruhi oleh kerapatan (densitas atau massa jenis) dari cairan. Semakin besar massa jenis cairan semakin besar gaya apungnya.
OK SIPPPPPPPP
makasi banget bwt buk sukajiyah, akhirnya saya dapat mengerjakan tugas saya berkat ibu.
Mengapa telur dimasukkan kedalam air tawar tenggelam sedangkan air asin melayang
ass
terimakasih banyak bu dengan adanya blok ini dapat membntu saya dalam melengkapi bahan tugas matakuliah oceanografi saya. terimakasih banyak atas infonya
Mf bu sblym y,,saya minta tlng di jwb y bu,sl y ini menyngkut nilai UP Fisika saya bu.Kata guru fisika qu blng klu Fa>Wb. Baru bsa di blng terapung,,berarti klu Fa=Wb..itu tidak bsa dikategorikan terapung y bu..Aq jdi bingung bu,,tdi wktu UP aq jwb sprti yg ibu tlis,,tpi knp kt guru qu slh bu..yg bner sprti apa ya bu??..tolong di jlskn y bu.
Terima kasih Nita atas kunjungan dan apresiasi atas blog sederhana saya ini. Sejauh ini dari beberapa sumber yang saya baca, benda dikatakan terapung jika w = Fa dengan massa jenis benda lebih kecil daripada massa jenis zat cair. Mungkin bapak/ibu guru NIta mempunyai referensi yang berbeda. Maaf kalau boleh tahu Nita sekolah di SMP/SMA/SMK??
Saya SMP kls IX bu..mksh y bu atas informsi y..tapi klu blh tau buku yang ibu baca spa penerbit y bu..Dan buku kelas brp bu???….
Beberapa referensi saya dapatkan dari internet, utk buku saya baca di IPA Fisika kelas VIII utk SMP dan MTs, pengarang Akhmad Manna, S.Si dkk penerbit Intan Pariwara tahun 2007.
sangat membantu … terima kasih ya ibu guru … saya sebagai siswa sangat terbantu dengan artikel ini 😀
makasih y GAN TTAng METERi iNI SAYa Sngat SnanG..!!!
Makasih ya